KINDAI : Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajamen dan Akuntansi
Vol 21 No 2 (2025): KINDAI

PENGARUH FOMO (FEAR OF MISSING OUT) DAN MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI PRODUK PROMO TERBATAS FASHION GENERASI Z DI E-COMMERCE

Khairin, Nadiah (Unknown)
Zamrudi, Zakky (Unknown)
Mursanto, Mursanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) terhadap minat beli produk fashion promo terbatasGenerasi Z di e-commerce, (2) pengaruh marketing mix terhadap minat beli, (3) pengaruh Marketing Mix terhadap FOMO, dan (4) peran FOMO sebagai mediator pengaruh Marketing Mix terhadap minat beli. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dari Generasi Z di Banjarmasin, dan data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) FOMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (2) marketing mix juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (3) Marketing Mix berpengaruh terhadap peningkatan FOMO, dan (4) FOMO memediasi hubungan antara Marketing Mix dan minat beli. Hal ini mengindikasikan bahwa tekanan psikologis dari rasa takut tertinggal tren dan strategi pemasaran yang mencakup produk, harga, dan promosi secara efektif meningkatkan minat beli Generasi Z dalam e-commerce. Kata kunci: FOMO, marketing mix, minat beli, Generasi Z, e-commerce  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kindai

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL Kindai adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pancasetia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin. Kindai pertama kali terbit dalam versi cetak pada tahun 2003 dan sejak tahun 2016 telah berubah menjadi versi online dengan OJS. ...