Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2023)

Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring Menggunakan Media Sosial Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar

Tarmidzi, Tarmidzi (Unknown)
Tresnawati, Nailah (Unknown)
Nurhayati, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Abstrak. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh. Dalam penelitian ini, penulis memilih aplikasi daring (dalam jaringan) menggunakan media sosial WhatsApp sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Hal tersebut disebabkan oleh permasalahan yang dialami saat mewabahnya virus corona atau covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan konsep siswa antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media sosial WhatsApp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni implementasi pembelajaran daring pada subjek terbatas dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa sekolah dasar. Berdasarkan analisis terhadap rekapitulasi hasil angket respons dan tes penguasaan konsep siswa, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran jarak jauh secara daring menggunakan media sosial WhatsApp cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Daring, Media Sosial, Penguasaan Konsep, Sekolah Dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...