Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2023)

Pengaruh Project Based Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V

Mungizzah, Esti (Unknown)
Sriyanto, Sriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

AbstrakBerdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum inovatif serta metode pembelajaran yang bersifat Teacher Centered Learning.  Model pembelajaran Project Based Learning berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mampu mengoptimalkan pembelajaran serta dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal terlebih lagi pada abad ke-21. Metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentukOne Group Pretest-Posttest Only Design. Sampel yang diambil yaitu kelas VA dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes uraian dalam bentuk pretest dan posttest. Uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat dan uji hipotesis menggunakan paired sample t test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengidentifikasi bahwa terdapat pengaruh model PjBL-STEM dengan media DITAMAN terhadap prestasi belajar. Kata Kunci:Pembelajaran Abad 21Project Based LearningSTEM

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...