Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2023)

Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas 4 SDN Kedokan Agung II

Sugiro, Sugiro (Unknown)
Rozak, Dinda Lutfiana (Unknown)
Pratiwi, Dyah Ayoe (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menerapkan metode role playing pada pelajaran IPA kelas 4 SDN Kedokan Agung II Kecamatan Kedokanbunder. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan soal. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas, persentase hasil observasi guru siklus I yaitu 76,09%, dan siklus II 93,48%. Hasil observasi siswa siklus I yaitu 54,17%, dan siklus II 81,54%. Hasil belajar siklus I dengan ketuntasan 42,86%, siklus II 82,14%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA.Kata Kunci:Hasil Belajar,Metode Role Playing,Ilmu Pengetahuan Alam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...