Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2023)

Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD

Hidayat, Taufik (Unknown)
Surmilasari, Nora (Unknown)
Jayanti, Jayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model mind mappingterhadap kemampuan berpikir komputasi siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD materi penyajian data. Adapun sampel yang  digunakan dalam penelitian ini  adalah siswa kelas Va dan kelas Vb SD Negeri 01 Gunung Jati dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis eksperimen. Metode pengumpulan data siswa melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dengan desain posttest-only control design. Metode analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis data kuantitatif menggunakan uji independent t-test dan didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model mind mapping terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa pada pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas V SD Negeri 01 Gunung Jati.Kata Kunci:Mind mapping, Berpikir Komputasi, Matematika,Sekolah Dasar 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...