Jurnal Abdidas
Vol. 6 No. 5 (2025): Oktober 2025

Stress Management Interventions for University Students: Improving Mental Health and Academic Performance

Heksarini, Ariesta (Unknown)
Adhimursandi, Doddy (Unknown)
Lestari, Dirga (Unknown)
Maria, Siti (Unknown)
Amalia, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Sosialisasi ini berfokus pada intervensi manajemen stres untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Program ini dilaksanakan di NutriHub Samarinda dan menggunakan pendekatan konseling interaktif untuk menyampaikan informasi komprehensif tentang stres, penyebabnya, jenis-jenisnya, dan teknik manajemen stres. Peserta secara aktif berpartisipasi dalam diskusi, berbagi pengalaman pribadi, dan mempraktikkan strategi manajemen stres selama sesi. Setelah intervensi, peserta melaporkan penerapan teknik-teknik kunci seperti perencanaan akademik yang cermat, latihan relaksasi, istirahat yang cukup, aktivitas fisik, dan dukungan sosial. Hasil ini menunjukkan kesuksesan program dalam mengembangkan keterampilan koping proaktif dan ketahanan. Namun, kendala seperti keterbatasan waktu, perbedaan pemahaman peserta, dan pengalaman terbatas dalam teknik manajemen stres diidentifikasi. Solusi yang diusulkan meliputi sesi tindak lanjut, materi pengajaran modular, dan sumber daya tambahan. Penyebaran ini menyimpulkan bahwa upaya berkelanjutan dan kolaboratif di antara pemangku kepentingan sangat penting untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung kesejahteraan mental siswa dan memfasilitasi kemajuan akademik dan psikologis. Materi penyuluhan di masa depan harus mengeksplorasi efek jangka panjang dari intervensi dan strategi ini untuk mengintegrasikannya ke dalam program pendidikan reguler.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...