Sejarah kebudayaan islam merupakan salah satu mata pelajaran yang tergabung kedalam mata pelajaran PAI. Dalam realitasnya masih banyak sekali masalah yang terjadi baik dalam hal metode pengajaran guru maupun bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa. Adapun saat akan memilih model, metode pembelajaran atau bahan ajar yang cocok untuk siswa diperlukan data yang lengkap tentang karakteristik siswa. Karena dengan adanya data tersebut akan menaikkan presentase keberhasilan dalam menciptakan suatu strategi pembelajaran. Pendekatan kontekstual merupakan medote yang melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya. Menghubungkan topik yang ada pada bahan ajar dengan situasi kehidupan nyata yang akan dihadapi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah diharapkan siswa bisa memahami nilai-nilai luhur yang terkandung didalam materi ajar serta bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan (library research). Data yang digunakan, dalam penelitian ini berupa data sekunder, yaitu buku-buku, majalah-majalah dan dokumen dokumen tertulis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data disini yakni dengan mengumpulkan data sekunder yang mana pengumpulan data dilakukan tidak secara langsung kepada objek yang bersangkutan.
Copyrights © 2025