Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG)
Vol 6 No 2 (2025): Vol 6. No 2 Agustus 2025

Elektronik Modul Berbasis Ethnomathematics Sebagai Media Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar : Analisis Kelayakan

Amaliyah, Fitriyah (Unknown)
Rahayu, Ratri (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Hasil studi international PISA dalam 3 kali berturut-turut yaitu 2015, 2018, 2022 menunjukkan kemampuan literasi numerasi siswa pada muatan matematika masih rendah. Salah satu inovasi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut yaitu pengembangan modul ajar berbasis ethnomathematics yang di integrasikan dengan teknologi. Modul EMASFALOKU (Elektronik Modul Matematika Materi Pecahan dengan Kearifan Lokal Kudus) memiliki asesment digital yang terintegrasi dengan platform Quizizz. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan EMASFALOKU terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Akan tetapi dibatasi sampai pada tahap Analisis, Desain, dan Pengembangan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian pengembangan yang digunakan untuk menilai kelayakan EMASFALOKU berupa kuesioner kelayakan produk. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk pengolahan produk dan analisis kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan ketercapaian kelayakan EMASFALOKU sebesar 79,04% dengan kategori layak. Kelayakan tersebut diperoleh dari hasil penilaian oleh 2 orang validator ahli media dan 2 orang validator ahli materi, Maka dapat disimpulkan bahwa EMASFALOKU layak digunakan dalam pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi referensi sumber belajar oleh para pendidik untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Ethnomatematic-Based Electronic Modules as a Media for Developing Students' Numeracy Literacy in Elementary Schools: Feasibility Analysis The results of the international PISA study in three consecutive years, namely 2015, 2018, and 2022, show that students' numeracy literacy skills in mathematics are still low. One of the learning innovations to develop students' numeracy literacy skills is the development of teaching modules based on ethnomathematics integrated with technology. The EMASFALOKU module (Elektronik Modul Matematika Materi Pecahan dengan Kearifan Lokal Kudus) has a digital assessment integrated with the Quiziz platform, which is used for learning evaluation. The purpose of this study is to determine the feasibility of EMASFALOKU in improving the numeracy literacy skills of elementary school students. This research uses the Research and Development method with the ADDIE model, which includes Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. However, it is limited to the stages of Analysis, Design, and Development. Data collection methods use questionnaires and documentation. The development research instrument used to assess the feasibility of EMASFALOKU is a product feasibility questionnaire. Data analysis techniques use descriptive data analysis for product processing and quantitative analysis to determine product feasibility. The results of this study show that the feasibility of EMASFALOKU is 79.04% with a feasible category. This feasibility was obtained from the assessment by 2 media expert validators and 2 material expert validators. Therefore, it can be concluded that EMASFALOKU is feasible to be used in learning and is expected to be a reference learning resource for educators to improve the numeracy literacy skills of elementary school students.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPG

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPG: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbikan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Memfasilitasi para akademisi, praktisi, guru, mahasiswa dalam bidang kependidikan dari hasil penelitian ...