EDUKASI
Vol 14, No 2 (2016): Edisi Juni 2016

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI KALOR

Saprudin . (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair)
In Hi. Abdullah (Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair)
Ade Haerullah (Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair)
A. Rasid Saraha (Dosen Prodi Pendidikan Kimia FKIP Unkhair)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan media video tutorial model-model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil uji kelayakan media video tutorial model pembelajaran berbasis masalah pada materi kalor dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data dikumpulkan melalui teknik non tes dengan instrumen lembar validasi yang dikemas dalam bentuk angket tertutup yang ditujukan untuk ahli materi fisika, ahli media pembelajaran, ahli pedagogik dan guru-guru fisika. Teknik ananlisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan media menurut ahli materi fisika dikategorikan sangat baik (81,9%), menurut ahli media pembelajaran dikategorikan sangat baik (85,2%), menurut ahli pedagogik dikategorikan sangat baik (90,02%), menurut guru fisika untuk aspek desain media dan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran berbasis masalah dikaterorikan baik dengan besar persentase masing-masing sebesar 74,6% dan 73,8%. Berdasarkan hasil uji validasi disimpulkan media video tutorial model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media, Video Tutorial, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...