Duta Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2024): Duta Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Manajemen Penggelolaan Posyandu di Desa Jeruksawit Kabupaten Karanganyar

Ika Listyorini, Puguh (Unknown)
Yuliana, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Permasalahan mitra Pengabdian Masyarakat ini adalah belum optimalnya pelaksanaan Posyandu dan belum mempertimbangkan program-program kegiatan yang telah ditetapkan. Sebagai gambaran singkat bahwa pelaksanaan Posyandu Semeru Ceria dijalankan dengan tidak teratur dalam setiap bulannya. Secara spesifik setelah dilakukan diskusi dan musyawarah dengan mitra, maka permasalahan mitra secara konkret dan menjadi prioritas yang harus ditangani adalah: 1) Jumlah kunjungan peserta dari waktu ke waktu semakin menurun, 2) Kader Kesehatan tidak menguasai prinsip dasar Posyandu dan program-program kegiatan yang dijalankan, 3) Kader Kesehatan tidak dapat mengimplementasikan/menerapkan alur kegiatan Posyandu yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan. Metode pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan empat kegiatan utama untuk memberikan solusi dari dua masalah tersebut di atas, yaitu sebagai berikut: 1) Focus Group Discusion tentang Program-program kegiatan, 2) Focus Group Discusion tentang Peran Kader kesehatan pada saat Pra, Intra dan Pasca Pelaksanaan, 3) Pelatihan Kader kesehatan tentang sistem Lima Meja, dan 4) Desiminasi alur sistem Lima Meja. Luaran Pengabdian Masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1) Standar Operasional Prosedur yang disepakati bersama-sama dalam upaya meningkatkan pelaksanaan Posyandu, 2) Metode “Aplikasi sistem Lima Meja” dalam upaya menjamin keberlangsungan pelaksanaaan Posyandu, dan 3) Peningkatan kualitas kemampuan kader dalam optimalisasi pengelolaan Posyandu

Copyrights © 2024