J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial)
Vol 10, No 1 (2023): JPIPS

Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Resnawati, Panni (Unknown)
Arifin, Muh. Husen (Unknown)
Hendriyana, Hendriyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini mengenai desain dan pengembangan media pembelajaran augmented reality untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia khususnya rumah adat dan rumah ibadah. Penelitian ini didasarkan pada kurangnya variasi pendidik dalam mengenalkan keragaman budaya dan kondisi peserta didik yang terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran augmented reality pada materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian Design and Development (DD), dengan prosedur penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Validasi media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh pendidik dan peserta didik kelas 4 SDIT Al-Fitrah untuk mengetahui respon pengguna. Hasil penilaian dari sudut pandang para ahli mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Baik”, serta penilaian dari sudut pengguna juga mendapatkan nilai dengan kategori”Sangat Baik”. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran augmented reality keragaman budaya sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpips

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Economics, Econometrics & Finance Education Neuroscience

Description

J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) is a journal published by Laboratorium Journal FITK UIN Malang, published twice a year in the June and December periods as a vehicle for scholarly communication in primary education social studies of education contribute texts, both in the form of ...