Penelitian ini mengenai desain dan pengembangan media pembelajaran augmented reality untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia khususnya rumah adat dan rumah ibadah. Penelitian ini didasarkan pada kurangnya variasi pendidik dalam mengenalkan keragaman budaya dan kondisi peserta didik yang terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran augmented reality pada materi keragaman budaya kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian Design and Development (DD), dengan prosedur penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Validasi media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba media pembelajaran augmented reality ini dilakukan oleh pendidik dan peserta didik kelas 4 SDIT Al-Fitrah untuk mengetahui respon pengguna. Hasil penilaian dari sudut pandang para ahli mendapatkan nilai dengan kategori “Sangat Baik”, serta penilaian dari sudut pengguna juga mendapatkan nilai dengan kategori”Sangat Baik”. Berdasarkan hal tersebut, media pembelajaran augmented reality keragaman budaya sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023