Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Quizizz berbasis nahwu dan Al-Qalam AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran maharah kitabah pada mahasiswa pascasarjana UIN Malang. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber primer adalah mahasiswa pascasarjana UIN Malang berjumlah 14 orang yang menggunakan media Quizizz dan Al-Qalam dalam proses pembelajaran. Sumber data sekunder adalah hasil instrumen penilaian media dan data pendukung seperti media, bahan ajar, dan penelitian relevan. Analisis data menggunakan triangulasi dengan tahapan dimulai dari reduksi, penyajian, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz meningkatkan partisipasi, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap konsep nahwu, sementara Al-Qalam AI efektif dalam membantu siswa memperbaiki kesalahan dan meningkatkan akurasi tulisan. Instrumen penilaian terhadap kedua media meliputi aspek materi, desain pembelajaran, dan kemudahan penggunaan yang secara umum memperoleh skor diantara 4 hingga 5 yang menunjukkan kualitas sangat baik dari peserta didik. Media ini dinilai memiliki keakuratan isi, relevansi materi, kemudahan akses, serta mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar. Namun, penelitian ini masih terbatas pada jumlah responden yang kecil dan belum mengkaji dampak jangka panjang terhadap peningkatan kemampuan menulis. Oleh karena itu, penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas dan pendekatan evaluasi yang lebih komprehensif sangat dianjurkan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam berbagai aspek, mulai dari pengembangan metode pembelajaran, peningkatan keterampilan berbahasa, hingga pemanfaatan teknologi digital dalam proses belajar mengajar.
Copyrights © 2025