Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi keterampilan abad ke-21 (4C)—berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas—dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Jannah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab kelas II. Teknik analisis data mengikuti model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterampilan 4C belum optimal. Pembelajaran masih bersifat klasikal, dengan dominasi hafalan dan minimnya aktivitas kolaboratif serta kreatif. Faktor pendukung meliputi komitmen guru dan ketersediaan bahan ajar tematik dari Kementerian Agama, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, minimnya media interaktif, serta ketimpangan kesiapan siswa. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya pelatihan guru yang berkelanjutan, pengembangan bahan ajar kontekstual, dan dukungan struktural yang kuat agar pembelajaran Bahasa Arab dapat selaras dengan tuntutan keterampilan abad ke-21.
Copyrights © 2025