EDUKASI
Vol 15, No 1 (2017): Edisi Januari 2017

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERKARAKTERISTIK THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 HALSEL

Jassia I. Pagala (Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selatan)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Perangkat  pembelajaran  merupakan  bagian  penting  dalam  proses  pembelajaran  Biologi,  namunbanyak perangkat pembelajaran yang digunakan saat ini belum sesuai dengan karakteristik Model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran  menggunakan  model  Think Pair Share  yang layak untuk digunakan  dalam proses pembelajaran sedangkan penelitian Eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (Research  and  Development)  dan  Eksperimen  yang  dilakukan  Madrasah  Aliyah Negeri 1 Halsel. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran Think Pair Share yang di kembangkan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, pengembangan draf produk, penulisan perangkat, dan tahap uji coba produk perangkat (Uji validasi ahli dan uji pengguna produk) berdasarkan penilaian ahli dengan nilai presentase 81% (Silabus), 84% (RPP), dan 80,6% (LKS), dan guru biologi 70% (Silabus), 80,5% (RPP), 75% (LKS)  Sehingga perangkat pembelajaran dengan  menggunakan  model  Think Pair Share tersebut layak digunakan  dan  dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Hasel menggunakan Uji Anakova diperoleh Fhit  > Ftab atau 4,72 > 1,89 maka Ha di terima. Kata kunci: , Hasil belajar, Perangkat pembelajaran, Think Pair Share.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...