EDUKASI
Vol 14, No 1 (2016): Edisi Januari 2016

KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS SURAT KABAR MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Sulami Sibua (Dosen Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universetas Khairun)
Fariana Iskandar (Mahasiswa Program Studi Pendidikan bahasa Indonesia FKIP Universetas Khairun)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

AbstrakBerawal dari permasalahan riil di lapangan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji permasalahan seperti 1) Bagaimanakah Kemampuan Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate? 2) Sejauhmanakah kemampuan siswa dalam membedakan antara fakta dan opini lewat membaca intensif dengan media surat kabar?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fakta dan opini lewat kegiatan membaca intensif dengan media  surat kabar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-I SMP Negeri 4 Kota Ternate berjumlah 24 siswa pada kelas VIII-I. Berdasarkan populasi tersebut, sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII-I SMP Negeri 4 Kota Ternate (sampel populatif). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif.Dengan mengunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu pengamatan, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan  bahwa siswa antusias dalam kegiatan mengidentifikasi fakta dan opini lewat membaca intensif pada surat kabar. Peneliti melakukan penelitian kepada siswa yang  berjumlah 24 siswa dan sebanyak 11 siswa mendapatkan kualifikasi baik dan sebanyak 6 siswa mendapatkan kualifikasi cukup dan sisanya 7 siswa mendapatkan kualifikasi kurang. Artinya terdapat 70,8 % siswa yang bisa membedakan fakta dan opini lewat membaca intensif dengan media surat kabar. Kata Kunci : Fakta dan Opini,  Membaca Intensif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...