Studi ini memiliki tujuan untuk menguji kontribusi motivasi, keaktifan, serta kreativitas pada hasil belajar matematika peserta didik. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 23 siswa yang dipilih secara acak dari salah satu SMK swasta di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Pengujian data menggunakan uji prasyarat diantaranya uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas serta uji hipotesis melalui analisis regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Didasari dari hasil analisis statistik dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25, diperoleh simpulan, yaitu: (1) Ada kontribusi keaktifan yang signifikan pada hasil belajar, (2) Motivasi dan kreativitas tidak berkontribusi signifikan pada hasil belajar siswa, dan (3) Keaktifan, motivasi, dan kreativitas berkontribusi signifikan pada hasil belajar siswa dengan koefisien determinan 0,805. Hal ini menunjukkan bahwa persentase kontribusi keaktifan, motivasi, dan kreativitas pada hasil belajar siswa adalah 80,5%, sedangkan faktor lain yang mempengaruhi sisanya 19,5%. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus pada upaya peningkatan keaktifan, motivasi, dan kreativitas agar berdampak positif pada hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2025