Pembelajaran Green Chemistry memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran lingkungan dan sikap berkelanjutan pada calon guru kimia. Namun, implementasinya di perguruan tinggi sering terkendala oleh keterbatasan bahan ajar yang kontekstual, interaktif, dan mampu memvisualisasikan konsep abstrak secara menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berorientasi Sustainable Project-Based Learning (S-PjBL) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Green Chemistry untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di salah satu LPTK di Aceh. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respons pengguna, serta tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan persentase rata-rata validasi ahli materi sebesar 92,5% dan ahli media sebesar 91,8%. Uji kepraktisan melalui respons dosen dan mahasiswa menunjukkan kategori sangat praktis. Temuan ini mengindikasikan bahwa modul S-PjBL berbantuan AR layak dan praktis, digunakan dalam pembelajaran Green Chemistry di tingkat perguruan tinggi.
Copyrights © 2025