Lantanida Journal
Vol 13 No 2 (2025): July-December 2025: In Press ....

PENGEMBANGAN MODUL SUSTAINABLE PROJECT-BASED LEARNING (S-PjBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN GREEN CHEMISTRY BAGI CALON GURU KIMIA

Prasetya, Cyndi (Unknown)
Maisarah (Unknown)
Qumarani, Yara (Unknown)
Fahira, Nazihan (Unknown)
Wahyuni, Naila (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran Green Chemistry memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran lingkungan dan sikap berkelanjutan pada calon guru kimia. Namun, implementasinya di perguruan tinggi sering terkendala oleh keterbatasan bahan ajar yang kontekstual, interaktif, dan mampu memvisualisasikan konsep abstrak secara menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berorientasi Sustainable Project-Based Learning (S-PjBL) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Green Chemistry untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Partisipan penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia di salah satu LPTK di Aceh. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respons pengguna, serta tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan persentase rata-rata validasi ahli materi sebesar 92,5% dan ahli media sebesar 91,8%. Uji kepraktisan melalui respons dosen dan mahasiswa menunjukkan kategori sangat praktis. Temuan ini mengindikasikan bahwa modul S-PjBL berbantuan AR layak dan praktis, digunakan dalam pembelajaran Green Chemistry di tingkat perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lantanida

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Lantanida Journal is an, scientific journal open-access containing results research, literature reviews and recent news on science and technology in the areas of educational learning and learning development. This journal is formed from the initiative of Leaders Chemistry departmen, lecturers, ...