Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 3, No 2 (2024): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Berbasis Strategi REACT dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa

Hastuti, Intan Dwi (Unknown)
., Sutarto (Unknown)
Jaswandi, Lalu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran fundamental yang dipelajari di setiap jenjang pendidikan, termasuk di sekolah dasar. Perencanaan pembelajaran yang efektif menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis serta lembar observasi keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis strategi REACT dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengujian hipotesis dengan uji t-test menunjukkan bahwa penerapan strategi REACT memberikan dampak positif terhadap pengembangan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual yang berbasis strategi REACT dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis dan keterampilan komunikasi siswa pada jenjang pendidikan dasar. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengintegrasikan strategi REACT dalam perencanaan pembelajaran matematika guna mendukung perkembangan kognitif serta komunikasi akademik siswa secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...