Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study

Suryani, Yeyen (Unknown)
Jumantini, Entin (Unknown)
Ramadan, Dede Jusup (Unknown)
Iskandar, Iskandar (Unknown)
Pratiwi, Rani Tania (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervaratif dalam proses pembelajaran di kelas, yang mengakibatkan mahasiswa bosan dan berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan dan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest, Non Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 A sebagai kelas kontrol dan semester 3 B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah mahasiswa 72 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa Pilihan Ganda Kompleks (PGK) berjumlah 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas eskperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa serta terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa antara mahasiswa kelas eksperimen yang mendapatkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Lesson Study dengan mahasiswa kelas kontrol yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...