An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

OPTIMALISASI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI SDN 6 BULANGO SELATAN

Irfansyah (Unknown)
Said Subhan Posangi (Unknown)
Rinaldi Datunsolang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi optimalisasi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi pembelajaran berbasis karakter di SDN 6 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru PAI dalam membentuk akhlak mulia siswa melalui pengajaran yang profesional dan terintegrasi dengan nilai-nilai karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian diharapkan dapat menggambarkan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru PAI. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi profesionalisme guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis karakter, serta menawarkan solusi yang relevan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran PAI dan pembentukan karakter siswa yang berintegritas, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...