Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi optimalisasi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi pembelajaran berbasis karakter di SDN 6 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru PAI dalam membentuk akhlak mulia siswa melalui pengajaran yang profesional dan terintegrasi dengan nilai-nilai karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian diharapkan dapat menggambarkan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru PAI. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi profesionalisme guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis karakter, serta menawarkan solusi yang relevan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran PAI dan pembentukan karakter siswa yang berintegritas, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.
Copyrights © 2025