Jurnal Pedagogik Olahraga
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga

PENDEKATAN GERAK DOMINAN DALAM PERMAINAN YANG DI RANCANG DALAM LOMPAT JAUH SISWA SMPN 3 KELUA

Muhammad Ikhsanudin (Unknown)
Akhmad Amirudin (Unknown)
Rahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pendekatan permainan berbasis gerak dominan terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 3 Kelua dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dinilai oleh tiga guru PJOK. Instrumen utama berupa penilaian kemampuan gerak dasar lompat jauh (awalan, tolakan, melayang, mendarat) menggunakan skala Likert 1–4. Selain itu, digunakan juga instrumen observasi gerak dominan dalam permainan sebagai data pendukung. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test (p = 0,000), sedangkan rata-rata N-Gain sebesar 0,6855 (kategori sedang-tinggi). Data penguat observasi menunjukkan 76% siswa masuk kategori “Baik” hingga “Sangat Baik” dalam gerak dominan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan permainan efektif digunakan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar siswa secara menyenangkan, kontekstual, dan aktif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpor

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan ...