Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pendekatan permainan berbasis gerak dominan terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 3 Kelua dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dinilai oleh tiga guru PJOK. Instrumen utama berupa penilaian kemampuan gerak dasar lompat jauh (awalan, tolakan, melayang, mendarat) menggunakan skala Likert 1–4. Selain itu, digunakan juga instrumen observasi gerak dominan dalam permainan sebagai data pendukung. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test (p = 0,000), sedangkan rata-rata N-Gain sebesar 0,6855 (kategori sedang-tinggi). Data penguat observasi menunjukkan 76% siswa masuk kategori “Baik” hingga “Sangat Baik” dalam gerak dominan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan permainan efektif digunakan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar siswa secara menyenangkan, kontekstual, dan aktif
Copyrights © 2025