Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran PAI sebagai Pembentukan Perilaku Sosial melalui Pelatihan Berbasis Sosiologis: Enhancing Teachers’ Understanding of Islamic Education (PAI) as a Means of Shaping Social Behavior through Sociology-Based Training

Winarko, Winarko (Unknown)
Komalasari, Dian (Unknown)
Subekti, Rahmat (Unknown)
Abearto, Rinol (Unknown)
Zahra, Dwi Novistul (Unknown)
Ali, M. Makhrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah perlu diarahkan dari transfer pengetahuan menuju pembentukan perilaku sosial siswa yang berlandaskan nilai Islam. Artikel pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pelatihan bagi guru dan pengurus sekolah tentang pendekatan sosiologis dalam pembelajaran PAI. Kegiatan dilaksanakan melalui ceramah, diskusi, simulasi, dan lokakarya yang berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis sosiologis. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman guru dan pengurus sekolah mengenai urgensi PAI dalam membentuk perilaku sosial. Selain itu, kegiatan ini menghasilkan komitmen untuk mengintegrasikan nilai-nilai sosial Islam ke dalam kurikulum dan budaya sekolah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppmi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia is a medium of information and socialization regarding the results of service from the entire academic community about various kinds of innovations, development efforts, and solutions to various problems in society. Scope: Health, nutrition, ...