GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 3 No 05 (2025): OKTOBER 2025

PELATIHAN PEMBUATAN KARYA ILMIAH (MAKALAH) BAGI SISWA KELAS XII SEBAGAI BEKAL KESIAPAN AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Ihsan Auliya Arrasyid (Unknown)
Lutfi, Saiful (Unknown)
Holidin, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Pelatihan pembuatan karya ilmiah (makalah) bagi siswa kelas XII SMA Islam Terpadu Hasanka Palangka Raya dilaksanakan sebagai upaya membekali kesiapan akademik mereka sebelum memasuki perguruan tinggi. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang menekankan keterlibatan aktif siswa, guru, dan tim pengabdian dalam setiap tahap pelaksanaan. Materi pelatihan mencakup pengenalan konsep dasar makalah ilmiah, penyusunan kerangka makalah, penelusuran referensi melalui Google Scholar, penggunaan aplikasi Mendeley, hingga praktik penyusunan makalah sederhana sesuai kaidah akademik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias, aktif berdiskusi, serta mampu menghasilkan draf makalah sebagai bentuk praktik nyata. Evaluasi juga memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai struktur penulisan makalah ilmiah dan teknik pengutipan, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan kosakata akademik dan kesulitan dalam format sitasi. Secara keseluruhan, pelatihan ini terbukti relevan, efektif, serta sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar dalam menumbuhkan literasi akademik, keterampilan berpikir kritis, dan kesiapan menghadapi tantangan akademik di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...