JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol. 30 No. 1 (2024)

INOVASI PEMBELAJARAN: MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENUGASAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH

Marampa, Elieser R (Unknown)
Pangaribuan, Allen (Unknown)
Siregar, Johanes Parulian (Unknown)
Siburian, Agustina (Unknown)
Zai, Suardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada perguruan tinggi adalah meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa. Menulis ilmiah merupakan suatu kegiatan yang memerlukan keterampilan khusus dan membutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap suatu topik. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui penugasan publikasi artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil riset menunjukkan bahwa implementasi metode penugasan publikasi artikel ilmiah memiliki korelasi yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah serta membuahkan produktivitas pembelajaran yang lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...