Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 4 No. 2 (2024): Artikel Riset Nopember 2024

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi SMP Muhammadiyah Nusawungu

Muktiadi, Ridho (Unknown)
Purwanto, Lahan Adi (Unknown)
Risnani, Listika Yusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Pergerakan teknologi memang tidak bisa dipungkiri bergerak sangat cepat, seperti halnya pada segi komunikasi. Beberapa media komunikasi diciptakan selain sebagai media komunikasi juga diikutkan beberapa fitur yang mendukung media tersebut. Bentuk dari media komunikasi yang memiliki banyak fitur adalah media social, dimana kini media social dapat menyartakan suara, gambar atau bahkan video. Media social berkembang sangat cepat, salah satunya yaitu Instagram yang semakin meningkat jumlah penggunanya. Media social sebagai alat yang menghubungkan antar orang kini perlahan juga beralih menjadi media marketing dan promosi. Melalui media social Instagram dengan tingkat jangkauan yang luas harapannya mampu sebagai media promosi bagi SMP Muhammadiyah Nusawungu, sehingga mampu meningkatkan jumlah siswa pada SMP tersebut. Kegitan yang dilakukan pada pengabdian ini meliputi tiga tahap, antara lain: 1) koordinasi awal pelaksanaan kegiatan, yang bertujuan menentukan peserta dan waktu pelaksanaan kegiatan selanjutnya, 2) pengenalan media sosial Instagram sebagai media marketing dan promosi kepada tenaga pendidik di SMP Muhammadiyah Nusawungu serta pada pengelola akun Instagram nantinya dan 3) pendampingan pengelolaan akun Instagram untuk membuat konten yang dimasukkan dalam akun Instagram. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini adalah adanya akun Instagram SMP Muhammadiyah Nusawungu yang dapat di akses pada https://www.instagram.com/smpmumansw/. Pada kegiatan ini juga telah berhasil dibuat tiga konten video yang berhubungan dengan penerimaan peserta didik baru yang diunggah pada reel Instagram SMP Muhammadiyah Nusawungu.

Copyrights © 2024