COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 10 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Minat Berkunjung Kembali di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Ibu Dan Anak Fadhila

Fitri, Shafni (Unknown)
Verinita, Verinita (Unknown)
Semiarty, Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Kualitas layanan dapat mempengaruhi kepuasan pasien serta minat berkunjung kembali. Kualitas layanan yang baik akan menciptakan kepuasan pasien. Pasien yang merasa puas akan berpotensi untuk berkunjung kembali menggunakan layanan di rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien dan minat berkunjung kembali di unit rawat inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Fadhila. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini 125 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien p value 0,000 < 0,05 dan t statistik 13,982 > 1,96 koefisien jalur positif sebesar 0,707. Pengaruh kepuasan pasien terhadap minat berkunjung kembali p value 0,000 < 0,05 dan T statistik 4,260 > 1,96 dan koefisien jalur positif sebesar 0,595. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali yang di mediasi oleh kepuasan pasien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...