Boneka tangan karena ukurannya lebih besar dari boneka jari dan bisa dimasukkan ke tangan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti berkesimpulan Peran guru mata pelajaran bahasa inggris dalam membuat media boneka tangan sangat penting. Boneka tangan digunakan sebagai media pembelajaran sehingga bisa memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan media boneka tangan adalah dengan story telling misalnya tema binatang. tema ini siswa bisa mengenal ciri-ciri binatang sesuai dengan boneka tangan yang ada. Diawal pembelajaran, guru memberi contoh cara mempraktekan secara langsung dan bercerita menggunakan bahasa Inggris. Faktor pendukung adalah peran aktif guru. Selain tugas guru sebagai pengajar, guru harus bisa menjadi fasilitator. Faktor penghambat siswa yang kurang aktif dalam berkomunikasi. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi penggunaan boneka tangan pada pembelajaran bahasa Inggris mengakibatkan siswa susah dalam berkomunikasi.
Copyrights © 2021