Pengaruh persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan secara kolaboratif persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan F0 = 19,853. Kedua variabel persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 27,4% terhadap prestasi belajar sosiologi. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan t0 = 4,703. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,026 < 0,05 dan t0 = 2,286.
Copyrights © 2024