Jurnal Paramaedutama
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Paramaedutama | Juni - Agustus 2025

Penguatan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Peserta Didik Kelas Rendah

Fasza, Dea Fitria (Unknown)
Panca Dewi Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk generasi bangsa yang berkualitas, akan tetapi saat ini masih terjadi dekadensi moral di kalangan pelajar yang perilakunya tidak sesuai dengan etika dan moral. Berdasarkan hal itu, pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan pendidikan karakter dan menguraikan kendala dalam pelaksanaannya di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik kelas II C SD Negeri Ngaliyan 01 sudah melaksanakan berbagai bentuk pendidikan karakter serta pengintegrasian ke dalam proses pembelajaran, seperti pengucapan salam, berjabat tangan, sikap peduli terhadap sesama, makhluk hidup lain dan lingkungan, serta sikap saling menghargai. Namun, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter, seperti sikap acuh peserta didik, pendidik kurang sepenuhnya menanamkan karakter, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Artikel ini diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai bentuk-bentuk pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Ngaliyan 01 beserta kendalanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...