Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 5 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Mei

HAKIKAT PENDIDIKAN: MENCARI MAKNA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT

Basori (Unknown)
Sari Wahyuni Siregar (Unknown)
Layyana Syarifah Pane (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas hakikat pendidikan dengan menelaah makna belajar melalui pendekatan filsafat. Pendidikan tidak hanya dipahami sebagai proses transfer pengetahuan, tetapi sebagai proses humanisasi yang membentuk manusia secara utuh— nalar, etika, dan eksistensi. Dengan mengkaji pandangan filsuf seperti Plato, Aristoteles, John Dewey, dan Paulo Freire, artikel ini mengungkap bahwa tujuan pendidikan melampaui aspek kognitif semata, mencakup pembentukan karakter, kebebasan berpikir, dan kesadaran kritis terhadap realitas sosial. Dalam konteks ini, belajar dipahami sebagai proses transformasi diri yang berkelanjutan. Artikel ini juga mengkritisi paradigma pendidikan modern yang cenderung teknokratis dan menekankan pentingnya pendekatan filosofis dalam merancang sistem pendidikan yang lebih manusiawi. Dengan demikian, filsafat pendidikan berperan penting dalam mengarahkan pendidikan menuju pembebasan dan pencerahan manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...