Program Kampus Mengajar merupakan inisiatif pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mahasiswa peserta program tersebut dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMPN 37 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa peserta program Kampus Mengajar memiliki peran signifikan dalam membantu meningkatkan kompetensi siswa SMPN 37 Makassar, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Mereka berkontribusi dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan bimbingan belajar, serta mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan minat dan bakat siswa. Selain itu, mahasiswa juga berperan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membangun hubungan yang positif antara siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Kampus Mengajar memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 37 Makassar dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.
Copyrights © 2024