Maharaat Lughawiyyat
Vol 4 No 1 (2025): Maharaat Lughawiyyat

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PRAKTIK LANGSUNG PENDEKATAN COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MA TARBIYATUL BANIN BANAT TUBAN

Fadhilah, Mu Ida Nur (Unknown)
Jauhari, Qomi Akit (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis praktik langsung dalam program PERMATA serta dampaknya terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik di MA Tarbiyatul Banin Banat Tuban. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi terhadap aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran yang berlangsung secara aktif dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran melalui metode langsung dan pendekatan komunikatif efektif membangun keberanian siswa dalam menggunakan bahasa Arab secara lisan. Partisipasi aktif dalam praktik berbahasa yang berkesinambungan mendorong terbentuknya rasa percaya diri yang lebih tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis praktik nyata tidak hanya mendukung penguasaan bahasa, tetapi juga berperan penting dalam penguatan aspek afektif peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran bahasa Arab yang lebih aplikatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPBA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Maharaat Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa ArabĀ adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal iniĀ terbit empat kali dalam ...