EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 9, No 2 (2024): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGGUNAAN INDIKATOR ALAMI KAJIAN ASAM BASA PADA LKS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN KEDISPLINAN SISWA

Wirdhani Lubis, Adilah (Unknown)
Laia, Mesrawati (Unknown)
Hasanah S, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan penggunaan dari indikator alami kajian asam basa pada LKS dan medeskripsikan pengaruh penggunaan LKS terintegrasi indikator alami pada kajian asam basa pada pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan kedisplinan siswa. Metode pada penelitian ini one group design yakni penelitian yang hanya dilakukan pada satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pretes dan postes dan lembar observasi kedisplinan siswa. Hasil penelitian ini diperoleh persentase rata-rata observasi keterlaksanan pembelajaran sebesar 100% dengan kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata pretes sebesar 46,1 dan nilai rata-rata postes sebesar 81 dengan N-Gain skor pada pretes dan postes sebesar 0,5 dangan kategori sedang dan persentase N-Gain sebesar 56,10%. Sedangkan pada kedisplinan siswa di dapatkan N persentase rata-rata sebesar 89,53% yang dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan indikator alami kajian asam basa pada lks cukup efektif dapat meningkat hasil belajar siswa dan menumbuhkan kedisplinan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...