Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1: APRIL (2024)

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Discovery Learning: Systematic Literature Review

Kartika, Eva (Unknown)
Lestari, Fitriana Ayu (Unknown)
Darmayanti, Mela (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa di abad ke-21. Hal ini menjadikan berpikir kritis sebagai keterampilan kunci dalam menghadapi tantangan kompleks di dunia yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic review and Meta-Analyses). Memanfaatkan basis data Google Scholar melalui aplikasi Publish or Perish, penelitian ini mengevaluasi 23 artikel terpilih dengan rentang waktu 2014-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena langkah-langkah model discovery learning berhasil diterapkan selain itu karena siswa memiliki dorongan yang muncul dalam dirinya. Guru memiliki empat peran utama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran discovery learning diantaranya guru berperan sebagai motivator, mengajak siswa untuk berpikir secara komprehensif, menghubungkan fakta yang siswa temui sendiri, dan memberikan penguatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...