Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada saat melakukan kegiatan kampus mengajar angkatan 8 di SD Inpres Bajawa, terlihat bahwa siswa kesulitan dalam membunyikan notasi angka secara benar dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka bagi siswa kelas III SD Inpres Bajawa melalui penerapan metode kodaly. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui lembar observasi kelas. Hasil penelitian menunjukan kemampuan membaca notasi angka siswa kelas III SD Inpres Bajawa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dari siklus 1 dengan presentasi sebesar 55 dan pada siklus 2 presentasi keaktifan siswa sebesar 85. Melalui metode kodaly siswa kelas III lebih aktif dan mudah mengingat dan memahami cara membunyikan tinggi rendahnya notasi angka dengan benar.
Copyrights © 2025