Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 18, No 2 (2023): ALIANSI : Jurnal Manajemen dan Bisnis

KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI MODA RAYA TERPADU (MRT) JAKARTA

Selfiana, Selfiana (Unknown)
Jati, Prihatina (Unknown)
Kurniawan, Sandy Ricky (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode angket untuk mendapatkan data mengenai kualitas pelayanan dengan mengukur indikator tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (kecepatan merespon), assurance (kepercayaan) dan empathy (empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas tangibles (bukti fisik) pelayanan MRT adalah 85% (tinggi), responsiveness (kecepatan merespon) layanan MRT adalah 89% (tinggi), tingkat reliability (keandalan) pelayanan MRT adalah 84% (tinggi), assurance (kepercayaan) adalah 61% dan empathy empati adalah 94% (tinggi). Secara keseluruhan rata-rata kualitas tingkat layanan MRT adalah 83% (tinggi). Untuk dapat memperoleh tingkat layanan yang lebih berkualitas maka PT MRT disarankan untuk memperbaiki dimensi assurance (kepercayaan) khususnya indikator jaminan keselamatan dengan menyediakan informasi yang lebih masif seputar fasilitas evakuasi darurat di stasiun MRT Jakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aliansi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis is dedicated to publishing scientific information, communication resources and perspectives by academics in Management and Business Economy. This journal published research article, reflection, and actual critical study with respect to the themes of ...