Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh layanan pembuatan paspor terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif, di mana satu atau lebih variabel diminta untuk menunjukkan hubungan antara variabel. Dalam penelitian ini, 75 karyawan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta terlibat. Variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki nilai thitung 23.369 dan nilai ttabel 1.992. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel 1.992. Akibatnya, dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0,000 dan probabilitas 0,000 di bawah 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kesimpulan model, dengan nilai R Square sebesar 0,882, menunjukkan bahwa variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki pengaruh sebesar 88,2% terhadap Motivasi Kerja Pegawai (Y). Faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 11,8%.
Copyrights © 2023