Pemasaran merujuk pada serangkaian aktivitas, proses, dan strategi yang bertujuan untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan. Pemasaran tidak hanya sekadar menjual produk atau jasa, melainkan juga mencakup seluruh proses yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara organisasi dan konsumen. Secara teoritis, pemasaran juga dapat dipahami sebagai proses pertukaran nilai antara perusahaan dan konsumennya. Nilai ini bisa berupa manfaat dari produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen, sedangkan perusahaan memperoleh nilai berupa keuntungan atau loyalitas pelanggan. Pendampingan penerapan digital marketing bagi UMKM bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar melalui berbagai platform digital. Dengan pendampingan yang terstruktur, UMKM akan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menjalankan strategi pemasaran online yang efektif dan efisien
Copyrights © 2024