Mengacu pada Badan Jenderal Pendidikan Islam Urusan Kementerian Agama bahwa di jumpai 80% dari tingkat TK hingga perguruan tinggi belum bis abaca Al-Qur’an dan bahasa Arab. 60% dari tingkat TK hingga SMP, sendagkan 40% dari tingkat SMA hingga Perguruan tinggi. Hal ini banyak ditemui dari Lembaga swasta ke Islaman. Penelitian ini menginvestigasi tingkat kemampuan membaca Al-Quran dan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas VI di Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Desa Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dimana subyek penelitian ini adalah siswa madrasah tarbiyatul Islamiyah, Sukoharjo. Hasil penelitian dapat dirangkum di antaranya adalah pertama, Kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI dapat dianggap baik, mengingat nilai r hitung lebih tinggi dari nilai r tabel dan tingkat signifikansi (α) lebih rendah daripada nilai α yang telah ditentukan. Ke-dua, penguasaan siswa terhadap kosakata bahasa Arab (mufrodat) pada pelajaran kelas VI juga dapat dianggap memadai, dengan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar daripada nilai r tabel, dan tingkat signifikansi (α) lebih kecil daripada nilai α yang telah ditetapkan. Ketiga, hasil analisis korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kemampuan membaca Al-Quran dan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas VI di Madrasah Tarbiyatul Islamiyah Desa Sukoharjo, ditandai dengan koefisien korelasi sebesar 0,983. Temuan ini menekankan pentingnya peran guru, orang tua, lingkungan, dan motivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat). Keikutsertaan siswa dalam kegiatan mengaji di luar sekolah, upaya untuk membiasakan membaca Al-Quran, penggunaan metode pengajaran yang efektif, penyediaan fasilitas yang memadai, peningkatan kompetensi guru, serta dukungan orang tua, semuanya memiliki potensi untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya fokus lebih lanjut pada pengembangan kemampuan membaca Al-Quran dan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) dalam konteks pendidikan Islam.
Copyrights © 2024