Al Bahru
Vol 3 No 1 (2024)

Efektifitas Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa

Masitah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Belajar merupakan usaha memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan yang dilakukan melalui proses perubahan tingkah laku secara keseluruhan yang berorientasi pada lingkungan. Belajar pada intinya membedakan antara sebelum dan sesudah belajar serta dilakukan lewat kegiatan atau praktik yang disengaja. Dalam agama Islam belajar merupakan kewajiban setiap muslim agar memperoleh ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan derajat kehidupan mereka. Pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, karenanya, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa kelas VII.A SMPN 9 Tanjung Jabung Timur tergolong rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru PAI bahwa masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan metode Mind Mapping, dan diperoleh hasil adanya peningkatan motivasi dan pemahaman belajar siswa yang cukup signifikan sehingga berimbas pada hasil belajarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

albahru

Publisher

Subject

Religion Education

Description

ALBAHRU: Jurnal ilmiah pendidikan agama Islam diterbikan oleh Musyawah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kepulauan Riau (MGMP PAI KEPRI). Jurnal ini menerika naskah artikel yang memuat kajian tentang studi Islam, pendidikan agama Islam dan ilmu pendidikan. ALBAHRU terbit dua periode, yakni ...