Pengabdian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kegiatan pendampingan penguatan Literasi dan Numerasi bagi guru SD dan SMP di Kabupaten Gresik. Metode pengabdian ini meliputi kegiatan workshop dan pendampingan keberlanjutan. Kegiatan workshop diselenggarakan pada 27 Agustus 2024 di Universitas Muhammadiyah Gresik, dengan peserta sebanyak 87 guru dari 40 sekolah di kabupaten Gresik yang memiliki nilai rapor pendidikan merah atau kurang. Sebelum kegiatan workshop dilakukan, pendamping membuat kerangka pemecahan masalah agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan relevan dengan kebutuhan guru-guru dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di satuan pendidikan masing-masing. Adapun langkah-langkah dalam pemecahan masalah sebagai berikut: pertama, analisis kebutuhan guru: yaitu dilakukan survei atau wawancara untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan guru dalam literasi dan numerasi serta kendala yang dihadapi; kedua, Pengembangan materi workshop; ketiga pelaksanaan workshop; keempat penyusunan form evalusi workshop dan pendampingan keberlanjutan. Metode pendampingan penguatan integrasi literasi dan numerasi mencakup pendekatan yang komprehensif mulai dari workshop, pendampingan langsung di sekolah, pengembangan modul ajar, hingga penggunaan teknologi dan evaluasi berkelanjutan. Berdasarkan pembahasan dan hasil dalam pengabdian ini disimpulkan bahwa representasi matematis peserta verbal, simbolik dan visual telah memenuhi indikator yang diukur dengan baik. Selain itu, terdapat peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest, menunjukkan adanya pengaruh positif pemberian treatment terhadap kemampuan literasi numerasi guru.
Copyrights © 2025