Kegiatan pendampingan Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI) Riset di MTsN 3 Kota Tidore dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kompetensi penelitian siswa madrasah. Program ini melibatkan 15 siswa dan 3 guru pembina melalui tahapan pelatihan, workshop, serta pendampingan intensif dari dosen perguruan tinggi. Pendekatan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, coaching, dan learning by doing agar siswa terlibat langsung dalam setiap tahap penelitian. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep penelitian sebesar 32%, terutama dalam aspek perumusan masalah, tujuan penelitian, dan teknik pengumpulan data. Selain itu, kemampuan presentasi dan kepercayaan diri siswa juga meningkat signifikan. Program ini tidak hanya berdampak pada peningkatan literasi sains siswa, tetapi juga memperkuat kapasitas guru pembina dalam membimbing riset. Kolaborasi antara perguruan tinggi dan madrasah terbukti efektif sebagai model kemitraan pengembangan budaya riset di lingkungan pendidikan menengah.
Copyrights © 2025