Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 3 No 2 (2024): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Keterampilan Berpikir Kritis Buku Ensiklopedia Famili Dipterocarpaceae Melalui Penelitian Pengembangan

Rahma, Faurina (Unknown)
Zaini, Muhammad (Unknown)
Kaspul, Kaspul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan mencakup 4C yang dibutuhkan di abad 21. Penggunaan bahan ajar merupakan salah satu metode untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Buku Ensiklopedia adalah sumber pengajaran yang dibuat selama penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan harapan dan aktual. Kebun Raya Banua merupakan tempat penelitian famili Dipterocarpaceae yang digunakan untuk mengembangkan ensiklopedia guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode penelitian EDR (Educational Design Research) diterapkan dalam pembuatan ensiklopedia ini. Subjeknya adalah 6 mahasiswa yang mengikuti uji kelompok kecil (small group), dan 15 mahasiswa yang mengikuti uji lapangan (field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rubrik keterampilan dan lembar kerja mahasiswa yang dimasukkan dalam lembar penilaian. Hasil uji keefektifan dengan kategori baik dan hasil uji keefektifan aktual berada pada kategori sangat baik yang berarti karena strukturnya yang menarik dan mudah digunakan serta dapat mengukur keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...