Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 7, No 5 (2024): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI METODE EER (EMPOWERING, ENABLING, REFLECTION) UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH JEPARA

Hamidaturrohmah, Hamidaturrohmah (Unknown)
Andriyani, Santi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Lingkungan sekolah ramah anah sebagai salah satu upaya untuk menjamin kesejahteraan anak di masa depan. Sehingga implementasinya perlu didukung agar dapat optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mewujudkan sekolah ramah anah di MIN 1 Jepara. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah EER (empowering, enabling, reflection). dengan 3 tahapan yaitu pertama, tahap empowering yang meliputi sosialisasi dan capacity building mitra tentang esensi sekolah ramah anah dan pemenuhan hak anak. Kedua, tahap enabling meliputi motivasi dan pendampingan guru. Ketiga, tahap reflection meliputi monitoring evaluasi dan refleksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu memberikan wawasan pemahaman mitra tentang sekolah ramah anah sebesar 91%. Sementara pemahaman mitra terkait proses legalisasi sekolah ramah anah diperoleh hasil 84%. Aspek kebermanfaatan pengabdian ini diperoleh hasil 84% yang berarti guru mampu memahami cara pembuatan perencanaan pembelajaran yang mengakomodir pemenuhan hak anak. Kegiatan pengabdian ini juga dapat memberikan motivasi dan support power bagi guru dalam mewujudkan pembelajaran yang ramah, aman, nyaman tanpa kekerasan dengan persentase 87%. Sehingga ada kontribusi nyata dan positif terkait implementasi program pengbadian ini pada mitra yaitu meningkatnya kompetensi guru dalam mewujudkan sekolah ramah anah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...