Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan standar keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan media reka cerita gambar pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III SDN 3 Limboto. Media reka cerita gambar di harapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan di kelas III SDN 3 Limboto, dengan beberapa tahapan yang meliputi : (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan tindakan, (3) Tahap observasi, dan (4) Tahap refleks. Subjek pada penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berbicara siswa sebelum di terapkan media pembelajaran Reka cerita gambar belum mencapai KKM setelah di terapkan media pembelajaran reka cerita gambar keterampilan berbicara siswa meningkat, dapat di lihat pada peningkatan ketuntasan di pra siklus 15% meningkat di siklus I menjadi 62% dan di siklus II meningkat menjadi 86%. Dengan demikian, keterampilan berbicara siswa dan analisis lembar observasi pengamatan meningkat kearah yang lebih baik dengan di terapkannya media reka cerita gambar.
Copyrights © 2025