Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 4 Rantepao melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan yang signifikan pada observasi aktivitas siswa, dengan skor rata-rata 81,25% pada pertemuan ketiga. Selain itu, hasil angket menunjukkan 11 siswa berada dalam kategori sangat berminat. Hasil wawancara dengan siswa dan guru juga mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan mengurangi kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 4 Rantepao
Copyrights © 2025