Al-Mujahidah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 1 (2025): April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SDN 4 RANTEPAO

Sinaga, Novrianti (Unknown)
Ranta, Lutma (Unknown)
Padallingan, Yohanis (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 4 Rantepao melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPAS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan yang signifikan pada observasi aktivitas siswa, dengan skor rata-rata 81,25% pada pertemuan ketiga. Selain itu, hasil angket menunjukkan 11 siswa berada dalam kategori sangat berminat. Hasil wawancara dengan siswa dan guru juga mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan mengurangi kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 4 Rantepao

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Al-mujahidah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Mujahidah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang infomasi berupa artikel maupun hasil penelitian lapangan. Jurnal ini ...