Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran yang digunakan dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran tangga pintar dan sesudah menggunakan media pembelajaran tangga pintar pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Pre-Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di SDN 04 Limboto yang berjumlah 15 siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji hipotesis dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test dengan data akhir yang diperoleh pada hasil Pretest dan Posttest yaitu nilai hitung thitung sebesar | -6,946 | dan taraf sig. α yang digunakanadalah 5%. Dengan demikian, | thitung | = | -6,946 | > ttabel = 2,145 yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, maka kesimpulannya adalah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas II di SDN 4 Limboto. Analisis yang dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media tangga pintar dan sesudah pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran tangga pintar sebesar 40,666 sedangkan rata-rata hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran tangga pintar sebesar 71,33.
Copyrights © 2025