Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi media digital melalui model pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Limboto Barat. Media Digital melalui Model pembelajaran Blended Learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al-Falah Limboto Barat. Objek dalam penelitian ini Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa II Melalui Implementasi Media Digital dalam Model pembelajaran blanded learning Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Limboto Barat. Metode Pengumpulan data yaitu tes, observasi, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas II dengan menggunakan Media Digital melalui model pemebelajaran blended learning. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan membaca siswa pada siklus 1 sebesar 75% dari 16 siswa hanya 5 siswa yang mecapai ketuntasan dan pada siklus II mengalami peningkatan 19% menjadi 81% dengan 13 siswa mencapai ketuntasan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil kemampuan membaca siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75% pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Copyrights © 2025