Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD

Alim, Muhammad Haidar (Unknown)
Tirtoni, Feri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran koperatif tipe Investigasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan  siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang efektif menjadi krusial untuk meningkatkan hasil belajar PKN, terutama di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok kelas VI SD yang dipilih secara acak, di mana satu kelompok menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi, sementara kelompok lainnya tetap menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa. Kelompok eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran koperatif tipe investigasi mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yang signifikan lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Kelompok yang menerapkan strategi ini mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi, partisipasi aktif, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe investigasi memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan praktisi pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan strategi ini dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai kewarganegaraan melalui pembelajaran PKN.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...