Journal of Education Research
Vol. 5 No. 3 (2024)

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar

Darmayanti, Aprian (Unknown)
Nugroho, Dwi Yunianto (Unknown)
Atikah, Cucu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Penerapan Profil Pelajar Pancasila sepatutnya dapat dijadikan pedoman dalam menciptakan karakter siswa Indonesia pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar dampak dari Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar terhadap  peningkatan karakter  yang sesuai dengan  profil pelajar Pancasila. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dalam bentuk analisis data.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  menelusuri  literatur-literatur  ilmiah secara  sistematis,  baik  berupa  jurnal,  artikel,  buku  maupun  sumber  lainnya. Dimana penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana  implementasi kurikulum Merdeka yang diterapkan disekolah, dapat meningkatkan karakter siswa yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang mencakup enam dimensi, diantaranya yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.  Penelitian ini mengkaji sepuluh artikel mengenai kebijakan merdeka belajar dan profil pelajar pancasila. Hasil  temuan  diproses dengan pengumpulan data, dan kemudian di analisis  dan dijabarkan secara deskriptif. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengimplementasikan merdeka belajar, bisa berjalan dengan baik jika : Satuan pendidikan diharapkan dapat menghidupkan budaya terbuka, penuh rasa ingin tahu dan semangat kolaboratif, Guru harus selalu Berpikir kreatif dan inovatif dalam merancang strategi pembelajaran,  Terdapat Keteladan seluruh stakeholder sekolah terutama oleh Guru dan Kepala Sekolah, Terdapat pembelajaran berbasis pada projek atau project based learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...